Ethis Fintek Indonesia
Ethis Fintek Indonesia

Tentang Kami

Profil
Cara Kerja
GCG
Laporan Audit Keuangan

Pendanaan

Cara Memberi Pendanaan
Cara Mengajukan Pendanaan
Biaya-biaya
Akad-akad

Edukasi

Webinar
E-Book
Blog
Hak Cipta

Syarat & Ketentuan

Syarat dan Ketentuan Ethis

Syarat dan ketentuan pada halaman ini menetapkan ketentuan umum dalam penggunaan anda pada sistem elektronik dan konten di bawah nama domain www.ethis.co.id (“sistem elektronik”). Baca syarat dan ketentuan ini dengan saksama sebelum menggunakan sistem elektronik atau layanan apa pun yang disediakan di sistem elektronik.

Pastikan bahwa anda memahami syarat dan ketentuan dengan sepenuhnya. Dengan mengakses sistem elektronik, anda menerima dan setuju untuk terikat pada syarat dan ketentuan ini. Jika anda tidak setuju dengan syarat dan ketentuan yang tercantum di sini, harap jangan gunakan sistem elektronik ini. Jika anda terus menggunakan sistem elektronik ini, maka anda dianggap telah menerima dan menyetujui syarat dan ketentuan.

Definisi

  1. ETHIS / Kami adalah PT. Ethis Fintek Indonesia, Perusahaan Layanan Pendanaan Bersama Berbasis Teknologi Informasi berprinsip Syariah yang tunduk dan patuh terhadap POJK No 10 Tahun 2022.

  2. Layanan adalah bentuk jasa maupun produk yang kami sediakan dalam bentuk digital maupun fisik pada platform, untuk mempertemukan pemberi pembiayaan dan rekan penerima pembiayaan dalam rangka melaksanakan pendanaan secara peer-to-peer syariah.

  3. Platform adalah teknologi; sistem elektronik; situs website dan/atau mobile application yang disediakan ETHIS kepada pengguna untuk dapat mengunjungi dan mengakses layanan.

  4. Pengguna / Anda adalah setiap orang yang mengunjungi; mengakses dan/atau menggunakan platform.

  5. Pemberi pembiayaan adalah pengguna yang menggunakan layanan yang bermaksud untuk memberikan pendanaan melalui platform.

  6. Rekan Penerima Pembiayaan adalah pengguna layanan yang bermaksud untuk menawarkan, mengunggah, mempublikasikan objek usaha untuk dilakukan pendanaan bersama-sama oleh pemberi pembiayaan melalui Platform.

  7. Campaign / proyek adalah halaman web berisikan informasi terkait proyek pendanaan yang diajukan oleh rekan penerima pembiayaan.

Informasi

Kami menyatakan bahwa informasi yang kami terima akan digunakan untuk memastikan validitas data. ETHIS dan rekanan, direktur, karyawan, dan mitranya tidak menjamin konten dan tidak menerima tanggung jawab atas kerugian yang timbul untuk penggunaan dokumen yang diperlukan. Dengan diterimanya informasi tersebut.

Namun, kami menerapkan pemeriksaan uji tuntas internal untuk memastikan bahwa informasi proyek atau kampanye sebelum menerbitkannya di situs kami. Jika informasi yang disediakan untuk proyek atau pemilik kampanye dinyatakan tidak benar, tidak akurat, tidak lengkap atau tidak diperbarui, kami berhak untuk menangguhkan atau menghentikan proyek atau akun pemilik kampanye dan melarang semua akses yang ada di sistem elektronik.

Detil Akun

Untuk menggunakan layanan sistem elektronik, anda harus terlebih dahulu terdaftar sebagai anggota di sistem elektronik ethis.co.id sehingga dapat mengakses halaman registrasi, dengan mengklik “bergabung”. Anda akan diarahkan ke halaman pendaftaran yang mengharuskan anda untuk mengisi rincian sebagai user seperti nama pengguna dan kata sandi anda. Merupakan tanggung jawab anda untuk menjaga kerahasiaan kata sandi anda. Anda perlu melakukan verifikasi email anda melalui email yang dikirimkan oleh admin ETHIS Indonesia. Anda bertanggung jawab atas semua aktivitas yang terjadi pada akun anda. Jika ada transaksi atau aktivitas yang mencurigakan dari akun anda, anda disarankan untuk segera memberitahu kami. Kami akan mengambil tindakan yang dianggap tepat sesuai pemberitahuan anda tentang penyalahgunaan atas akun Anda atau tindakan apa pun yang mengganggu sistem elektronik.

Kriteria Pengguna

Setiap pengguna yang mendaftar sebagai pemberi pembiayaan harus berusia di atas 17 tahun dan untuk sebagai penerima pembiayaan harus berusia 21 tahun keatas, dengan detail:

  • Memiliki kartu identitas yang valid;

  • NPWP milik sendiri/milik orang tua/milik suami/istri yang valid

  • Memiliki nomor kontak yang valid;

  • Memiliki rekening bank;

  • Merupakan badan usaha yang dilegalisasikan di pemerintah setempat;

  • Melengkapi formulir pernyataan untuk pendaftaran sebagai pemberi pembiayaan.

Hak Cipta dan Merek Dagang

Kami menghormati hak setiap individu dalam hal kekayaan intelektual. Oleh karena itu kami akan menanggapi pemberitahuan terkait pelanggaran hak cipta yang sesuai dengan hukum yang berlaku. Seperti yang disebutkan di atas, kami tidak memperkenankan setiap orang mengambil keuntungan dari hak kekayaan intelektual seseorang. Dalam hal ini, anda tidak diperkenankan membuat, memodifikasi, menyalin, mendistribusi, dan mengunggah informasi yang tersedia dalam sistem elektronik. Informasi di sini berdasarkan pada kebijakan (mitigasi risiko, pernyataan pengungkapan, syarat dan ketentuan, kebijakan privasi, dll.) Yang dipublikasikan di sistem elektronik kami dalam setiap hal yang dipublikasi. Setiap persetujuan yang kami berikan dan berhubungan dengan konten yang tertera dalam sistem elektronik dapat dihapus setiap saat tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Pembatasan Dalam Penggunaan

Dengan membaca syarat dan ketentuan ini, anda menyetujui bahwa tidak diperkenankan dengan cara apapun menggunakan sistem elektronik dengan maksud dan tujuan sebagai berikut:

  • Melanggar syarat dan ketentuan, kebijakan atau perjanjian lain yang terdapat di sistem elektronik kami;

  • Melakukan tindakan curang, kriminal atau melanggar hukum di sistem elektronik;

  • Penyalahgunaan sistem elektronik dengan berisikan konten pornografi, vandalisme, vulgar, sarkasme, rasisme, bullying, diskriminatif, hoax, teror, fitnah, umbaran kebencian, dan politik;

  • Melanggar hukum dan peraturan yang berlaku dalam yurisdiksi termasuk yang tertulis pada peraturan Negara Republik Indonesia;

  • Meniru atau merusak gambar orang atau badan apa pun;

  • Melanggar hak cipta atau hak milik;

  • Menyebarkan, atau mengungkapkan informasi pribadi apa pun dari pihak ketiga; atau

  • Membatasi orang lain untuk menggunakan forum publik di sistem elektronik.

Kami berhak untuk menangguhkan dan / atau mengakhiri akun anda jika kami memiliki anggapan bahwa anda melakukan pelanggaran atau dicurigai melakukan pelanggaran seperti yang disebutkan di atas.

Penggunaan Layanan Sistem Elektronik

Akses dan penggunaan layanan kami adalah tanggung jawab anda. ETHIS tidak membuat pernyataan ataupun jaminan apapun secara tertulis ataupun tidak. Kami tidak memiliki tanggung jawab apapun yang terkait dengan penggunaan atau ketidakmampuan anda dalam menggunakan atau menunda penggunaan sistem elektronik, baik informasi atau materi apapun yang terdapat di dalam sistem elektronik dan dapat diakses yang merupakan tindakan yang diambil secara personal.

Ganti Rugi

Anda setuju untuk mengganti rugi dan melindungi kami dari segala tuntutan, kerusakan, klaim, tindakan, biaya dan pengeluaran sehubungan dengan klaim apa pun dari pihak ketiga yang timbul dari atau penggunaan anda atas sistem elektronik atau materi lainnya melalui sistem elektronik oleh anda atau pengguna akun anda yang melanggar syarat dan ketentuan hukum yang berlaku.

Kewajiban Kerahasiaan

Pengguna akun diperbolehkan untuk mengakses informasi di sistem elektronik untuk penggunaan pribadi mereka atau dalam keperluan bisnis mereka untuk tujuan menilai apakah anda berhak atau tidak untuk berpartisipasi dalam pendanaan kampanye atau mencari Pembiayaan Syariah. Setiap anggota menerima bahwa ia memiliki kewajiban kerahasiaan kepada perusahaan sehubungan dengan:

  • Sistem dan prosedur operasi internal yang digunakan oleh perusahaan;

  • Perjanjian yang disediakan dan dokumen; dan

  • Informasi apa pun yang diberikan terkait dengan calon pemberi pembiayaan yang sebenarnya.

Konflik Kepentingan

Petugas ETHIS dilarang memberikan bantuan keuangan kepada pemberi pembiayaan untuk melakukan pendanaan dalam proyek. Kami tidak akan memberikan pendanaan apapun atau memberi pendanaan dalam proyek apa pun yang diluncurkan di platform. Kami akan mengadopsi kerangka konflik kepentingan yang akan memiliki proses dan prosedur yang tepat yang memungkinkan ETHIS diizinkan untuk membiayai dalam kampanye proyek.

Pembatalan Keanggotaan

Setiap pengguna dapat mengakhiri keanggotaannya dengan mengirimkan pemberitahuan tertulis tentang keputusannya kepada perusahaan. Perusahaan akan mengakhiri keanggotaannya kapan pun dengan alasan apapun dengan mengirimkan pemberitahuan tertulis tentang pengakhiran kepada pengguna sistem elektronik Dan kami dapat membatalkan keanggotaan dan melaporkan ke instansi berwenang secara sepihak segala macam bentuk data atau informasi apapun yang ber indikasi kegiatan Pencucian Uang dan Pendanaan Terorisme atau Pendanaan Proliferasi Senjata Pemusnah Masal (APU-PPT) untuk kepentingan hukum dan perintah negara Republik Indonesia.

PT. ETHIS FINTEK INDONESIA

Rukan Puri Mansion blok B no. 7 Jalan Outer Ring West Kembangan, RT.2/RW.1, Kembangan Sel., Kec. Kembangan, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11610

Dukungan Pelanggan: support@ethis.co.id

Waktu Pelayanan: 09.00 - 18.00 WIB

Ethis Fintek Indonesia
Ethis Fintek Indonesia

Telah Berizin & Diawasi Oleh:

Ethis Fintek Indonesia
Ethis Fintek Indonesia
Ethis Fintek Indonesia
Ethis Fintek Indonesia
Ethis Fintek Indonesia
Ethis Fintek Indonesia

Dilindungi Oleh:

Ethis Fintek Indonesia

Perhatian:

1. Layanan Pendanaan Syariah Berbasis Teknologi Informasi (P2P Financing) merupakan kesepakatan perdata antara pemberi pendanaan dengan penerima pendanaan, sehingga segala resiko akan ditanggung oleh masing-masing pihak.

2. Risiko gagal bayar akan ditanggung oleh pemberi pendanaan, diluar fraud atau mismanagement. Penerima pendanaan akan bertanggung jawab apabila terjadi fraud atau mismanagement sebagaimana ketentuan bagi resiko (Risk Sharing) secara syariah. Tidak ada lembaga atau otoritas negara yang bertanggung jawab atas risiko pendanaan atau gagal bayar ini atau mengkompensasi pihak manapun atas kerugian, kerusakan, biaya atau konsekuensi yang timbul dari sehubungan dengan hal tersebut.

3. Penyelenggara dengan persetujuan dari masing-masing pengguna (pemberi pendanaan dan/atau penerima pendanaan) mengakses, memperoleh, menyimpan, mengelola dan/atau menggunakan data pribadi pengguna (“Pemanfaatan Data”) pada atau di dalam benda, perangkat elektronik (termasuk smartphone atau telepon seluler), perangkat keras (hardware) maupun lunak (software), dokumen elektronik, aplikasi atau sistem elektronik milik Pengguna atau yang dikuasai Pengguna, dengan memberitahukan tujuan, batasan dan mekanisme Pemanfaatan Data tersebut kepada Pengguna yang bersangkutan sebelum memperoleh persetujuan yang dimaksud.

4. Pemberi pendanaan yang belum memiliki pengetahuan dan pengalaman terhadap layanan pendanaan ini, disarankan agar tidak menggunakan layanan pendanaan ini.

5. Penerima pendanaan wajib mempertimbangkan tingkat bagi hasil / margin / ujroh serta biaya – biaya lainnya sesuai dengan kemampuan dalam melunasi pendanaan.

6. Setiap kecurangan yang terjadi akan tercatat secara elektronik di dunia maya dan dapat diketahui oleh masyarakat luas melalui media sosial.

7. Pengguna harus membaca dan memahami informasi ini sebelum membuat keputusan menjadi pemberi pendanaan atau penerima pendanaan.

8. Pemerintah yaitu dalam hal ini Otoritas Jasa Keuangan (OJK), tidak bertanggung jawab atas setiap pelanggaran atau ketidakpatuhan oleh pengguna, baik pemberi modal maupun penerima modal (baik karena kesengajaan atau kelalaian Pengguna) terhadap ketentuan peraturan perundang-undangan maupun kesepakatan atau perikatan antara penyelenggara dengan pemberi modal dan/ atau penerima modal.

9. Setiap transaksi dan kegiatan pemberian modal, pendanaan, pinjam meminjam atau pelaksanaan kesepakatan mengenai pendanaan antara atau yang melibatkan Penyelenggara, Pemberi Modal, Mitra Lapangan dan/atau Penerima Modal wajib dilakukan melalui escrow account dan virtual account sebagaimana yang diwajibkan berdasarkan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 77/ POJK.01/2016 tentang Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi.

Ethis Fintek Indonesia

©

2022

PT. Ethis Fintek Indonesia

Versi 2.0.0

chat icon